Minggu, 22 Mei 2011

RPP, SAJIAN MATERI DAN SOAL PAI SMP

Perkembangan dan kemajauan teknologi sangat mempengaruhi pada dunia pengajaran dan pendidikan.  Ketertinggalan dunia pengajaran dan pendidikan pasti akan terjadi manakala system dan praktek pelaksanaannya tidak dapat mengimbanginya. Seperti yang terjadi saat ini system dan praktek pelaksanaan di lapangan tidak dapat mengejar larinya dunia teknologi sehingga dapat dipastikan dunia pengajaran dan pendidikan akan tertinggal. Metoda pengajaran masih yang itu-itu juga dalam arti tradisional atau manual, sementara siswa sudah membutuhkan dunia yang modern.
Kondisi siswa saat ini sudah masuk dalam lingkaran high technology, lingkungan keluarganya, teman-temannya dan lingkungan sekitar sudah mengurung dengan dunia technology yang serba electric dan digital , dirumah misalnya siswa sejak dini hari sampai malam hari sudah dijejali oleh sajian teknologi seperti televisi yang puluhan chanel dan dengan runtuyan acara yang high technologynya, computer, laptop, note book, net book dengan jaringan internetnya, kesemuanya menyajikan kemajuan technology tinggi, sementara di sekolah siswa hanya disajikan materi pelajaran dengan cara atau metoda yang kebanyakan masih konvensional, manual dan tradisional, maka tidak heran jika minat dan motivasi belajar siswa melemah dan semakin berkurang. Padahal minat dan motivasi belajar adalah salah satu aspek yang paling dominan dalam mencapai keberhasilan pendidikan.
Atas dasar itu penulis berupaya menyajikan beberapa bagian dari pendidikan yang mengikuti perkembangan kemajuan pendidikan dengan menyajikan cara mengajar gaya baru , dimana guru dalam mengajar tidak lagi banyak menggunakan kapur atau spidol untuk menulis materi ajar karena itu konvensional dan menjenuhkan yang otomatis menurunkan minat dan motivasi siswa, guru tidak lagi banyak berbicara menerangkan dengan rangkaian kata kata karena itu pun konvensional dan menjenuhkan, tapi dengan mengajar gaya baru , guru akan menyajikan materi ajar dengan menggunakan high tecknology. Dimana siswa dibawa kedunianya yaitu dunia teknologi , maka secara otomatis minat dan motivasinya akan meningkat.
Perubahan,,    perubahan  dan perubahan yang harus dilakukan oleh semua praktisi pendidikan. Yang berarti guru harus berani dan mau mengadakan perubahan, perubahan dari dunia konvensional ke dunia modern, perubahan dari dunia manual ke dunia digital, perubahan dari tradisional ke dunia teknologi.
Artikel berikutnya akan menampilkan beberapa perubahan dalam pengajaran dari mulai perubahan dalam membuat program pengajaran, RPP, Silabus, materi ajar, system evaluasi dsb. Dan lebih khususnya pada pengajaran Pendidikan Agama Islam di SMP dan yang sederajat.
Terima kasih atas kunjungannya dan penulis merasa bangga jika artikel dibawah berikut dimanfaatkan dan digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar