Minggu, 22 Mei 2011

RPP PAI KELAS VII SEMESTER 1 SK 4 SIFAT TERPUJI pert ke 6 (RPP biasa)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMPN .... BANDUNG
Mata pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : VII/ I
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit  (1 kali pertemuan )
Standar Kompetensi   : 4.     Memahami sifat-sifat terpuji
Kompetensi Dasar    :   4.1. Menjelaskan Pengertian Qanaah dan Sabar
                                      4.2. Menampilkan contoh-contoh perilaku Qanaah dan Sabar
                                      4.3. Membiasakan perilaku Qanaah dan Sabar
Indikator                     :                                          
4.1.1.  Menjelaskan pengertian perilaku Qanaah
4.1.2.  Menjelaskan pengertian perilaku Sabar 
4.2.1   Menyebutkan hadits  yang berhubungan dengan perilaku Qanaah (H.R Muslim)
4.2.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang berhubungan dengan perilaku Sabar
          ( Q.S al-Baqarah ayat 153  )
4.3.1.  Menyebutkan fungsi perilaku Qanaah dalam kehidupan
4.3.2.  Menyebutkan fungsi perilaku Sabar dalam kehidupan
3.4.1. Menerangkan cara membiasakan perilaku Qanaah di lingkungan keluarga
3.4.2. Menerangkan cara membiasakan perilaku Qanaah di lingkungan sekolah
3.5.1. Menerangkan cara membiasakan perilaku Sabar di lingkungan keluarga
                                    3.5.2  Menerangkan cara membiasakan perilaku Sabar di lingkungan sekolah

I. Tujuan pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian perilaku Qanaah dan Sabar beserta dalilnya
  2. Siswa dapat menyebutkan fungsi perilaku Qanaah dan Sabar dan fungsinya dalam kehidupan
  3. Siswa dapat membiasakan perilaku Qanaah dan Sabar di lingkungan keluarga
  4. Siswa dapat membiasakan perilaku Qanaah dan Sabar di lingkungan sekolah


II. Materi Pembelajaran
QANAAH
A. Pengertian Qanaah beserta dalil naqlinya
Qanaah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang. Qanaah bukan berarti masa bodoh dan bermalas-malasan dalam hidup serta tidak mau berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Sebenarnya orang yang berjiwa Qanaah selalu giat bekerja dan berusaha sekuat tenaga, tetapi jika usahanya tidak sesuai dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Sikap Qanaah itu mendatangkan rasa tenteram dalam hidup dan menjauhkan dairi dari sifat serakah dan tamak.
Di jelaskan dalam sebuah hadits :
“Abdullah bin Umar berkata : ‘ Bersabda Rasulullah SAW : sungguh beruntung orang-orang yang masuk Islam, mendapat rezeki secukupnya, dan ia merasa cukup dengan apa yang telah Allah berikan kepada-Nya.” 

B. Fungsi Qanaah dalam Kehidupan
      Qanaah seharusnya menjadi sifat dasar bagi setiap muslim karena sifat tersebut menjadi pengendali agar tidak surut dalam keputusasaan dan tidak selalu maju dalam keserakahan. Adapun fungsi Qanaah dapat disebutkan sebagai berikut :
1.      Qanaah berfungsi sebagai stabilisator, artinya seorang muslim yang memiliki sifat Qanaah akan selalu berlapang dada, berhati tenteram merasa kaya dan berkecukupan dan bebas dari keserakahan. Karena hakikatnya kekayaan atau kemiskinan seseorang terletak pada hati, bukan pada harta yang dimilkinya.
2.      Qanaah juga berfungsi sebagai dinamisator, artinya kekuatan batin yang mendorong seseorang untuk meraih kemenangan hidup berdasarkan kemandirian dengan tetap bergantung kepada karunia Allah SWT.

C. Cara Membiasakan Perilaku Qanaah
1.      Melatih diri untuk berlapang dada atas semua masalah yang dihadapi
2.      Selalu berhati tenteram, merasa kaya dan berkecukupan atas apa yang sudah dikaruniakan Allah SWT.
3.      Menghindari sifat serakah dan rasa iri melihat keberhasilan orang lain
4.      Membiasakan diri untuk tidak mudah berputus asa dalam menghadapi kegagalan




SABAR
A. Pengertian Sabar  beserta dalil naqlinya
Sabar jika diartikan tahan  uji, tahan menderita, tabah, ulet, tekun, tidak mudah putus asa, maksimal dalam berusaha untuk menyelesaikan masalah guna meraih keberhasilan.
Sabar tidak sama dengan pasrah, perbedaannya adalah dalam melakukan usaha. Pasrah adalah sifat menyerah terhadap keadaan tanpa melakukan sesuatu.
Allah SWT menyuruh kepada kita menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong dalam kehidupan ini, sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah ayat 153 :
$ygƒr'¯»tƒ z`ƒÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qãYÏètGó$# ÎŽö9¢Á9$$Î/ Ío4qn=¢Á9$#ur 4 ¨bÎ) ©!$# yìtB tûïÎŽÉ9»¢Á9$# ÇÊÎÌÈ
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99], Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”
Orang yang mampu menjadikan sabar dan shalat dalam kehidupannya akan dicintai dan ditolong Allah SWT. Karena orang yang sabar adalah kekasih Allah.

B. Macam-macam Sabar
Dalam penerapannyan sabar dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu :
1.      Sabar dalam berbuat/ menjalankan perintah Allah
      Contoh : melakukan tugas dan pekerjaan adalah kewajiban setiap orang
2.      Sabar dalam menderita
Contoh : bagaimana Nabi Ayub dengan sabar menanggung penyakit yang dideritanya, atas izin Allah karena kesabaran beliau disembuhkan dari penyakitnya.
3.      Sabar dalam menahan hawa nafsu
Contoh : ketika kita melihat orang lain lebih beruntung dari kita maka kita harus menahan hawa nafsu untuk tidak merasa iri.

C. Fungsi Sabar dalam Kehidupan
Mendorong tercapainya cita-cita
Mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan
Memiliki semangat hidup dan tidak mudah putus asa
Dapat menciptakan kedamaian hidup
Terhindar dari hal-hal yang buruk, selamat dari godaan hawa nafsu

III. Metode pembelajaran
  1. Resitasi
  2. Tanya Jawab
  3. Ceramah

IV. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.       Pemberian motivasi, dengan mempelajari dan membiasakan berperilaku Qanaah dan Sabar ini maka akan memberikan kebahagiaan hidup, terhindar dari hal-hal buruk dan menjadi kekasih Allah.
b.      Apersepsi, guru mengulas sedikit mengenai pengertian perilaku Qanaah dan Sabar.
c.       Pretes, guru menugaskan salah seorang siswa menyebutkan contoh perilaku Qanaah dan Sabar dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Kegiatan inti
a.   Siswa ditugaskan membaca materi Qanaah dan Sabar  pada buku paket hal 53-60.
b.      Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan ayat al-Quran tentang perilaku Qanaah dan Sabar
c.       Guru bertanya pada siswa perilaku apa saja yang dapat mencerminkan perilaku Qanaah dan Sabar.
d.      Guru mengulas sedikit tentang perilaku Qanaah dan Sabar.
  1. Kegiatan penutup
a.       Guru menyimpulkan materi Qanaah dan Sabar.
b.      Penilaian
c.       Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari terlebih dahulu dirumah materi tentang Ketentuan Thaharah.

V. Alat / sumber belajar
  1. Al-Quran dan Terjemah
  2. Buku paket PAI kelas VII Tim Abdi Guru, Erlangga, hal 53-60.

VI. Penilaian
  1. Jenis                            : Tes tulisan
  2. Bentuk                        : Pilihan ganda
  3. Teknik Pelaksanaan     :  Post test




  1. Item tes atau alat penilaian (Naskah soal dan indikator)
No
Indikator
Item Soal
1.
Menjelaskan pengertian perilaku Qanaah
1. Sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya, merupakan pengertian dari …
    a. Sabar                             c. Tawaduk
    b. Qanaah                          d. Taat
2.
Menjelaskan pengertian perilaku Sabar
2. Sabar dapat diartikan sebagai berikut, kecuali
    a. Tahan uji                       c. Tabah
    b. Tahan menderita           d. Mudah putus asa
3.
Menyebutkan hadist yang berhubungan dengan perilaku Qanaah ( H.R Muslim )

3. “Abdullah bin Umar berkata : ‘ Bersabda Rasulullah SAW : sungguh beruntung orang-orang yang masuk Islam, mendapat rezeki secukupnya, dan ia merasa cukup dengan apa yang telah Allah berikan kepada-Nya.”  
Hadits di atas diriwayatkan oleh …
a.  H.R Muslim                  c. H.R Ibnu Nasa’i
b. H.R Bukhari                  d. H.R Ibnu Majah
4.
Menyebutkan ayat al-Quran yang berhubungan dengan perilaku Sabar (Q.S al-Baqarah ayat 153)

4. Q.S Al-Baqarah ayat 153 menjelaskan tentang perilaku …
a. Qanaah                          c. Hasud
b. Tawaduk                       d. Sabar
5.
Menyebutkan fungsi perilaku Qanaah dalam kehidupan
5. Seorang muslim yang memiliki sifat Qanaah akan selalu …
a. Tidak tenang            c. Merasa selalu kekurangan
b. Selalu berlapang dada   d. Selalu bersedih hati
6.
Menyebutkan fungsi perilaku Sabar dalam kehidupan
6. Di bawah ini merupakan fungsi dari perilaku sabar, kecuali  
a. mendorong tercapainya cita-cita
b. mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan
c. memiliki semangat hidup
d. hidup menjadi mudah putus asa
7.
Menerangkan cara membiasakan perilaku Qanaah di lingkungan keluarga

7. Dini dan keluarganya selalu bersyukur atas apa yang telah Allah SWT berikan kepada mereka, walaupun mereka termasuk keluarga yang kurang mampu. Dini dan keluarganya memliki sifat …
a. Qanaah                          c. Tawaduk
b. Malas                           d. Sombong
8.
Menerangkan cara membiasakan perilaku Qanaah di lingkungan sekolah
8. Berikut ini merupakan salah satu pembiasaan yang mencerminkan sifat Qanaah di lingkungan sekolah …
a. Merasa iri apabila ada teman yang punya hp baru
b. Selalu merasa sombong bila mendapatkan nilai bagus
c. Selalu belajar dengan tekun dan bersungguh-sungguh
d. Belajar dengan acuh tak acuh
9.
Menerangkan cara membiasakan perilaku Sabar di lingkungan keluarga

9.  Setiap hari Yudi selalu membantu orang tuanya berjualan di pasar, tetapi dia tidak pernah mengeluh. Sikap Yudi tersebut merupakan pembiasaan dari perilaku …
a. Malas                            c.Taat
b. Tinggi hati                    d. Sabar
10.
Menerangkan cara membiasakan perilaku Sabar di lingkungan sekolah

10. Orang yang memiliki sifat Sabar tidak pernah cepat merasa …
a. Tidak tahu malu           c. Putus asa
b. Percaya diri                  d. Bersyukur

Kunci Jawaban
1. B   2. D   3. A    4. D     5. B     6. C     7. A     8. C      9. D     10. C
                                                                                                                  
Skor Jawaban
No. 1 s/d No. 10 skornya 10

Kriteria Penilaian
Nilai = Jumlah Benar       X  100
           Jumlah Item Soal



Jumlah Benar
Nilai
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
10
20
30
40
50
60
70
80
90
100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar